Rangkuman Hadits Arba'in ke 23 oleh Ust. Rezha Ariffianta

MASJID AGUNG IBNU BATUTAH
Rangkuman Ceramah Tarawih
23 Ramadan 1440 H
Oleh : Ust. M. Rezha Ariffianta
Tema : Setiap Kebaikan adalah Shodaqoh (Hadits Arba'in No. 23)

عن أَبِي مَالِكٍ الحَارِثِ بْنِ عَاصِمٍ الأَشْعَرِيِّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ:) الطُّهُورُ شَطْرُ الإِيْمَانِ، وَالحَمْدُ للهِ تَمْلأُ المِيْزَانَ، وَسُبْحَانَ اللهِ والحَمْدُ للهِ تَمْلآنِ – أَو تَمْلأُ – مَا بَيْنَ السَّمَاءِ وَالأَرْضِ، وَالصَّلاةُ نُورٌ، والصَّدَقَةُ بُرْهَانٌ، وَالصَّبْرُ ضِيَاءٌ، وَالقُرْآنُ حُجَّةٌ لَكَ أَوْ عَلَيْكَ، كُلُّ النَّاسِ يَغْدُو فَبَائِعٌ نَفْسَهُ فَمُعْتِقُهَا أَو مُوْبِقُهَا (رَوَاهُ مُسْلِمٌ.)

Dari Abu Malik Al-Harits bin ‘Ashim Al-Asy’ari radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Bersuci itu sebagian dari iman, ucapan alhamdulillah (segala puji bagi Allah) itu memenuhi timbangan. Ucapan subhanallah (Mahasuci Allah) dan alhamdulillah (segala puji bagi Allah), keduanya memenuhi antara langit dan bumi. Shalat adalah cahaya, sedekah adalah bukti nyata, kesabaran adalah sinar, Al-Qur’an adalah hujjah yang membelamu atau hujjah yang menuntutmu. Setiap manusia berbuat, seakan-akan ia menjual dirinya, ada yang memerdekakan dirinya sendiri, ada juga yang membinasakan dirinya sendiri.’”(HR. Muslim) [HR. Muslim, no. 223]

Penjabaran ttg hadits tersebut

1. الطُّهُورُ شَطْرُ الإِيْمَان
‘Bersuci itu sebagian dari iman,

Apa hubungan bersuci dengan iman??
Iman itu membersihkan hati kita dari kotoran2 hati
Sedangkan bersuci itu membersihkan jasad lahiriyah kita dari kotoran dan najis

Suatu ibadah memiliki syarat sah yaitu dengan mensucikan lahiriyah diri. Contoh, Syarat sah sholat adalah mensucikan diri dari hadats dan najis. Untuk mensucikan diri tersebut, haruslah dilakukan dengan cara thoharoh (bersuci). Sedangkan sholat adalah bagian dari keimanan. Inilah hubungan anyara bersuci dan keimanan.

2. وَالحَمْدُ للهِ تَمْلأُ المِيْزَانَ،
ucapan alhamdulillah (segala puji bagi Allah) itu memenuhi timbangan.

Meskipun terlihat ringan, tetapi ucapan hamdalah ini bisa memberatkan timbangan kebaikan kita di akhirat kelak.

3. وَسُبْحَانَ اللهِ والحَمْدُ للهِ تَمْلآنِ – أَو تَمْلأُ – مَا بَيْنَ السَّمَاءِ وَالأَرْض

Ucapan subhanallah (Mahasuci Allah) dan alhamdulillah (segala puji bagi Allah), keduanya memenuhi antara langit dan bumi.

Ucapan tasbih dan tahmid tidak hanya memenuhi antara langit dan bumi, tetapi dengan ucapan ini Allah akan meringankan beban kita. Allah akan mudahkan jalan kita. Allah akan bantu kita menemukan solusi untuk setiap masalah kita. Insyaallah


4. وَالصَّلاةُ نُورٌ
Shalat adalah cahaya

Allah SWT berfirman:

يَوْمَ تَرَى الْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنٰتِ يَسْعٰى نُوْرُهُمْ  بَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَبِاَيْمَانِهِمْ بُشْرٰٮكُمُ الْيَوْمَ جَنّٰتٌ تَجْرِيْ مِنْ تَحْتِهَا  الْاَنْهٰرُ خٰلِدِيْنَ فِيْهَا ۗ  ذٰلِكَ هُوَ الْفَوْزُ الْعَظِيْمُ

"Pada hari engkau akan melihat orang-orang yang beriman laki-laki dan perempuan, betapa cahaya mereka bersinar di depan dan di samping kanan mereka, (dikatakan kepada mereka), Pada hari ini ada berita gembira untukmu, (yaitu) surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya. Demikian itulah kemenangan yang agung."
(QS. Al-Hadid 57: Ayat 12)

Di akhirat kelak, akan ada orang2 yang berlimpahkan cahaya di seluruh tubuhnya sebagai tanda bahwa orang tersebut adalah orang2 yang semasa hidupnya tidak pernah meninggalkan sholat.

Untuk itu, jangan sampai kita meninggalkan sholat. Karena berapa banyak manusia yang ingin dihidupkan kembali hanya utk melaksanakan sholat.

Sholat juga disebut sebagai pintu ilmu. Sehingga, barang siapa yang istiqomah melaksanakan sholat, insyaallah akan dibukakan pintu2 ilmu untuk dirinya.

5. والصَّدَقَةُ بُرْهَانٌ
sedekah adalah bukti nyata,

Shodaqoh adalah pembuktian dari keimanan kita.

Allah SWT berfirman:

اَرَءَيْتَ الَّذِيْ يُكَذِّبُ بِالدِّيْنِ
"Tahukah kamu (orang) yang mendustakan agama?"
فَذٰلِكَ الَّذِيْ يَدُعُّ الْيَتِيْمَ
"Maka itulah orang yang menghardik anak yatim,"
وَ لَا يَحُضُّ عَلٰى طَعَامِ الْمِسْكِيْنِ
"dan tidak mendorong memberi makan orang miskin."
(QS. Al Ma'un ayat : 1-3)

Pada surat diatas menjelaskan ciri2 orang yang mendustakan agama, salah satunya adalah tidak memberi makan orang miskin (tidak bersedekah). Hal ini menjadi bukti bahwa orang yg tidak mau bersedekah padahal dia mampu bisa dikatakan sebagai pendusta agama, dan orang yang mau bersedekah sebagai orang yang membuktikan keimanan mereka.

6. وَالصَّبْرُ ضِيَاءٌ،
kesabaran adalah sinar

Apa beda sinar dan cahaya. Jika sinar itu biasanya diiringi dengan panas. Seperti sinar matahari. Dan untuk mendapatkan sinar ini, kita harus bisa menahan "panas" yang mengiringinya.

Sabar dibagi menjadi 3 :

1. Sabar dalam ketaatan kepada Allah

2. Sabar dalam menghadapi maksiat

3. Sabar dalam menghadapi takdir

7. وَالقُرْآنُ حُجَّةٌ لَكَ أَوْ عَلَيْكَ
, Al-Qur’an adalah hujjah yang membelamu atau hujjah yang menuntutmu

Al Qur'an bisa menjadi pembela / penolong bagi orang2 yang membacanya.

اِنَّ اﷲَ يَرفَعُ بِهَذِالكِتَابِ اَقْوَامًا وَيَضَعُ بِه اٰخَرِيْنَ

Sesungguhnya Allah mengangkat derajat kaum2 dengan Al Qur'an dan menjatuhkan kaum2 yang lain juga dengan Al Qur'an)

Kekurangannya mohon dimaafkan 🙏

Komentar

Postingan populer dari blog ini

FUNGSI DITURUNKANNYA AL-QURAN

"Ya Allah, Matikanlah Aku dengan Husnul Khatimah" Materi Kultum Ramadhan 1437 oleh Muhammad Rezha Arifianta