Jumat, 31 Mei 2019

Rangkuman Hadits Arba'in ke 8 oleh Ust. Subhan Faqih

Tidak ada komentar:
MASJID AGUNG IBNU BATUTAH
Rangkuman Ceramah Tarawih
8 Ramadan 1440 H
Oleh : Ust. Subhan Faqih
Tema : Kehormatan Seorang Muslim

فَاِنَّ دِمَاءَكُمْ وَأَمْوَالَكُمْ وَأَعْرَاضَكُمْ بَيْنَكُمْ حَرَامٌ عَلَيْكُمْ كَحُرْمَةِ يَوْمِكُمْ هَذَا، فِيْ شَهْرِكُمْ هَذَا، فِيْ بَلَدِكُمْ هَذَا

“Sesungguhnya darah kalian, harta benda kalian, kehormatan kalian, haram atas kalian seperti terlarangnya di hari ini, bulan ini dan negeri ini.” (HR. Bukhari, no. 67, 105, 1741 dan Muslim, no. 30, dari sahabat Abu Bakrah radhiyallahu ‘anhu)

Penjabaran tentang Hadits tersebut

1. فَاِنَّ دِمَاءَكُمْ
Sesungguhnya darah kalian
Maksudnya : darah kaum muslimin diharamkan (tidak boleh dibunuh tanpa ada alasan yang jelas)

2. وَأَمْوَالَكُمْ
harta benda kalian
Maksudnya : harta benda diharamkan untuk sesama muslim itu maksudnya tidak boleh digunakan tanpa izin pemilik.

3. وَأَعْرَاضَكُمْ
kehormatan kalian
Maksudnya : sesama muslim kita diharamkan untuk menjatuhkan kehormatan yang lain. Kita harus menjaga kehormatan kita dan menjaga kehormatan orang lain. Allah menciptakan kita dengan sebaik2 bentuk. Rasul memperlakukan kita dengan sebaik2nya perlakuan. Mendoakan kita, memberi contoh kepada kita, mewasiatkan kita dengan wasiat2 yang jika kita berpegang teguh padanya, kita tidak akan tersesat. Itulah sebabnya, sesama manusia seharusnya kita menjaga kehormatan satu sama lain.

عن أبي هريرة رضي الله عنه قَالَ: سُئِلَ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه و سلم عَنْ أَكْثَرِ مَا يُدْخِلُ النَّاسَ اْلجَنَّةَ؟ قَالَ: تَقْوَى اللهِ وَ حُسْنُ اْلخُلُقِ وَ سُئِلَ عَنْ أَكْثَرِ مَا يُدْخِلُ النَّاسَ النَّارَ؟ قَالَ: اْلفَمُ وَ اْلفَرَجُ

Dari Abu Hurairah radliyallahu anhu berkata, Rosulullah Shallallahu alaihi wa sallam pernah ditanya tentang sesuatu apakah yang terbanyak yang dapat memasukkan manusia ke dalam surga?. Beliau menjawab, “Takwa kepada Allah dan akhlak yang baik”. Beliau juga ditanya tentang sesuatu apakan yang terbanyak yang dapat memasukkan manusia ke dalam neraka?. Beliau menjawab, “Mulut dan farji (kemaluan)”. [HR at-Turmudziy: 2004, Ibnu Majah: 4246 dan Ahmad: II/ 291, 392, 442. Berkata asy-Syaikh al-Albaniy: Hasan sanadnya, lihat Shahiih Sunan at-Turmudziy: 1630, Shahih Sunan Ibni Majah: 3424, Silsilah al-Ahadits ash-Shahihah: 977 dan Misykah al-Mashobih: 4832. Di dalam satu riwayat; Beliau menjawab, “Dua lobang yaitu mulut dan farji”].

Pada hadits tersebut dijelaskan bahwa Mulut dan kemaluan menjadi sesuatu terbanyak yang menyebabkan manusia masuk neraka. Kedua hal tersebut menjadi simbol kehormatan manusia. Siapapun yang bisa menjaga mulutnya (ucapannya) dan menjaga kemaluannya (alat kelamin) dari hal2 yang telah ditetapkan larangannya maka dia telah menjaga kehormatannya sendiri dan juga menjaga kehormatan orang lain. Tetapi, siapa saja yang tidak bisa menjaga kedua hal tersebut, maka dia sudah tidak menjaga kehormatan dirinya sendiri, bahkan kehormatan orang lain.

4. حَرَامٌ عَلَيْكُمْ كَحُرْمَةِ يَوْمِكُمْ هَذَا
haram atas kalian seperti terlarangnya di hari ini
Maksudnya : Rasulullah menyampaikan hadits ini dalam khotbahnya saat melaksanakan haji wada'. Hari yang dimaksud adalah يوم النحر (Hari Qurban / Idul Adha). Keharaman darah, harta, dan kehormatan seorang muslim sama seperti haramnya/mulianya hari Qurban.

5. ، فِيْ شَهْرِكُمْ هَذَا،
bulan ini
Maksudnya : bulan yang dimaksud adalah bulan Dzulhijjah. Keharaman darah, harta, dan kehormatan seorang muslim sama seperti haramnya/mulianya Bulan Dzulhijah.

6. فِيْ بَلَدِكُمْ هَذَا
negeri ini
Maksudnya : negeri yang dimaksud adalah Arab (Terkhusus pada Makkah dan Madinah). Keharaman darah, harta, dan kehormatan seorang muslim sama seperti haramnya/mulianya Negeri Arab.

Intinya, sesama manusia secara umum dan sesama muslim secara khusus, kita harus sama2 menjaga kehormatan satu sama lain. Jika kita ingin dihormati, maka hormatilah oranglain.

Kekurangannya mohon dimaafkan 🙏

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
back to top