Rangkuman Hadits Arba'in ke 14 oleh Ust. Tubagus Jaja Marjuki

MASJID AGUNG IBNU BATUTAH
Rangkuman Ceramah Tarawih
14 Ramadan 1440 H
Oleh : Ust. Tubagus Jaja Marjuki
Tema : Haramnya Darah Seorang Muslim (Hadits Arbain No. 14)

Tidak halal darah seorang muslim. Jangankan darahnya, menyakiti seorang muslim dengan perkataan yang menyakitkan, meskipun sakitnya tidak terlihat, itu saja dilarang oleh agama.

Lidah adalah anggota tubuh yang tidak bertulang. Lidah juga adalah anggota tubuh manusia yang paling banyak menjerumuskan manusia kedalam neraka. Menyakiti perasaan orang lain, berbohong, bahkan memfitnah dikatakan lebih kejam daripada pembunuhan. Kita sudah banyak melihat kejadian saling membunuh, saling bermusuhan yg diawali dari satu anggota tubuh yang satu ini, lidah.

Oleh karena itulah, kita harus menjaga lisan kita dari segala hal2 buruk yang bisa merugikan diri sendiri bahkan orang lain. Karena hal itu bisa saja menjerumuskan kkta kedalam azab yang pedih. Naudzubillah min dzalik

Tetapi, lidah juga bisa membawa seseorang itu masuk ke dalam nikmat yang abadi, Syurga. Dengan menjaga lisannya, sehingga dia menjaga dirinya sendiri dan orang lain. Serta Allah akan memberi balasan utk orang2 yang beriman dan beramal sholeh dengan sebaik2 balasan.

Allah SWT berfirman:

وَبَشِّرِ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَ عَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ اَنَّ لَهُمْ جَنّٰتٍ تَجْرِيْ مِنْ تَحْتِهَا الْاَنْهٰرُ  ۗ  كُلَّمَا رُزِقُوْا مِنْهَا مِنْ ثَمَرَةٍ رِّزْقًا  ۙ  قَالُوْا هٰذَا الَّذِيْ رُزِقْنَا مِنْ قَبْلُ وَاُتُوْا بِهٖ مُتَشَابِهًا  ۗ  وَلَهُمْ فِيْهَآ اَزْوَاجٌ مُّطَهَّرَةٌ  ۙ  وَّهُمْ فِيْهَا خٰلِدُوْنَ

"Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang beriman dan berbuat kebajikan, bahwa untuk mereka (disediakan) surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai. Setiap kali mereka diberi rezeki buah-buahan dari surga, mereka berkata, Inilah rezeki yang diberikan kepada kami dahulu. Mereka telah diberi (buah-buahan) yang serupa. Dan di sana mereka (memperoleh) pasangan-pasangan yang suci. Mereka kekal di dalamnya."
(QS. Al-Baqarah 2: Ayat 25)

Adapun berkaitan dengan tema ini, bahwa ada suatu hadits dengan redaksi :

عَنِ ابْنِ مَسْعُوْدٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لاَ يَحِلُّ دَمُّ امْرِئٍ مُسْلِمٍ إِلاَّ بِإِحْدَى ثَلاَثٍ: الثَّيِّبُ الزَّانِي، وَالنَّفْسُ بِالنَّفْسِ، وَالتَّارِكُ لِدِيْنِهِ المُفَارِقُ لِلْجَمَاعَةِ
رَوَاهُ البُخَارِيُّ وَمُسْلِمٌ.

Dari Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallambersabda, ‘Tidak halal darah seorang muslim kecuali karena salah satu dari tiga sebab: (1) orang yang telah menikah yang berzina, (2) jiwa dengan jiwa (membunuh), (3) orang yang meninggalkan agamanya (murtad), lagi memisahkan diri dari jamaah kaum muslimin.” (HR. Bukhari dan Muslim)  (HR. Bukhari dan Muslim) [HR. Bukhari, no. 6878 dan Muslim, no. 1676]

Dalam hadits tersebut, secara umum darah seorang muslim itu haram kecuali jika orang tersebut melakukan 3 hal yang membuat darahnya menjadi halal (boleh dibunuh) yaitu:

1. Orang yg telah menikah yg berzina
2. Jiwa dengan jiwa (saling membunuh)
3. Orang yang murtad
( tetapi hukum ini tidak diberlakukan dinegara kita )
Kami akan menjelaskan salah satu dari 3 hal yg membuat darah seorang muslim menjadi halal, yaitu saling membunuh. Dewasa ini, kita melihat banyak sekali sesama manusia secara umum dan sesama muslim saling membunuh. Alasannya beragam, tetapi kebanyakan memiliki awal penyebab yang sama, yaitu hal2 yang berasal dari lisan. Entah karena si pembunuh sakit hati oleh perkataan yang dibunuh, entah karena fitnah, entah karena ada yang mengadu domba si pembunuh dan yang membunuh. Inilah bahayanya anggota tubuh yang kita sebut lisan itu.

Itu sebabnya, selain kita secara sadar harus menjaga lisan kita dari segala hal2 yang merugikan kita dan orang lain , hendaklah kita juga bersegara meminta maaf serta memohon ampun apabila kita mungkin secara tidak sadar mengeluarkan kata2 yang mungkin menyakitkan atau mungkin sampai menimbulkan hal2 yang berakibat buruk nantinya.

Allah SWT berfirman:

وَسَارِعُوْۤا اِلٰى مَغْفِرَةٍ مِّنْ رَّبِّكُمْ وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا السَّمٰوٰتُ  وَالْاَرْضُ ۙ  اُعِدَّتْ لِلْمُتَّقِيْنَ

"Dan bersegeralah kamu mencari ampunan dari Tuhanmu dan mendapatkan surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan bagi orang-orang yang bertakwa,"
(QS. Ali 'Imran 3: Ayat 133)

Kekurangannya mohon dimaafkan 🙏

Komentar

Postingan populer dari blog ini

FUNGSI DITURUNKANNYA AL-QURAN

"Ya Allah, Matikanlah Aku dengan Husnul Khatimah" Materi Kultum Ramadhan 1437 oleh Muhammad Rezha Arifianta